Rabu, 12 Juni 2013

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal adalah Pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DIY. Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu tujuan yang wajib anda singgahi jika ke pantai Gunung Kidul. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung ini semakin menyempurnakan Gunungkidul sebagai tempatnya pantai-pantai cantik  nan alami.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Dinamakan pok tunggal konon karena di pantai ini terdapat pohon duras yang hanya ada 1 di daerah ini.
Sebagai obyek wisata baru, akses menuju Pantai Pok tunggal masih berupa jalan berbatu dengan variasi cor semen pada jarak sekitar 1,5 km menuju pantai. Dari Kota Jogja pantai ini bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 70 km.
Namun jika anda singgah dan bermalam di Hotel Gunung kidul anda akan dapat memangkas waktu perjalanan dan energi/stamina anda akan tetap bugar jika memulai perjalanan menuju  Pantai Pok Tunggal  di pagi hari.
Hotel Cykaraya (Cykaraya Hotel Gunungkidul) berjarak kurang lebih 25 Km dari Pantai Pok Tunggal. Artinya anda tinggal memerlukan waktu 30 - 45 menit untuk sampai ke daerah Wisata Pantai Gunungkidul (Pantai Pok Tunggal).
Pantai Pok Tunggal ini terletak sekitar 2km disebelah timur pantai Indrayanti (pantai Pulang Syawal). Pantai ini belum lama dibuka atas keinginan masyarakat sekitar. Karena pantai ini baru dibuka jangan harap akses jalan dari jalan besar (jalan pesisir pantai Gunung Kidul) menuju pantai ini mudah. Namun Sulitnya akses menuju ke lokasi akan terbayar dengan keindahan Pantai Pok Tunggal ini, untuk fasilitas kamar mandi, tempat parkir, dan warung camilan telah tersedia.
Pantai ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu pantai yang luas dan landai, ombak relatif tenang cocok buat anda yang ingin berenang. Selain itu pantai ini mempunyai beberapa pohon yang sejuk untuk berteduh. Salah satunya pohon “Duras” yang menjadi favorit untuk berteduh saat berada di pantai ini. Bila tidak membawa tenda, anda bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, Anda harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar